Inilah Pengertian dari Solusi Ecommerce Marketing

Bagi orang Indonesia yang gemar berbelanja online, istilah e-commerce sudah sangat familiar, yaitu segala kegiatan jual beli yang dilakukan dengan melalui media elektronik, umumnya sarana yang digunakan meliputi televisi atau telepon. Namun, dengan berkembangnya teknologi, saat ini e-commerce lebih banyak dilakukan melalui internet, oleh karena itu dibutuhkan solusi ecommerce marketing.

Apa Itu E-Commerce?

E-Commerce merupakan singkatan dari electronic commerce, yaitu seluruh aktivitas jual beli yang dilaksanakan lewat media elektronik, saat ini kegiatan e-commerce lebih sering dilakukan dengan melalui internet dibandingkan televisi dan telepon. Pengertian dari e-commerce ini seringkali disalahpahami sebagai pengertian dari marketplace.

Padahal, istilah e-commerce lebih digunakan untuk mendefinisikan seluruh transaksi yang dilakukan dengan menggunakan media elektronik, sedangkan marketplace itu sendiri adalah salah satu model dari e-commerce yang berfungsi untuk menghubungkan pembeli dengan penjual. Contoh mudah dari ecommerce platform Indonesia adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, dan masih banyak lagi.

Pengertian Ecommerce Marketing

Setelah mengetahui apa itu e-commerce, serta perbedaannya dengan marketplace yang seringkali disalahpahami, sekarang adalah mengetahui arti dari e-commerce marketing, yang perlu dilakukan agar penjualan bisa meningkat dan jangkauan pasar dapat lebih luas lagi, yang mana tujuan ini juga bisa diwujudkan dengan menemukan solusi ecommerce marketing.

E-commerce marketing merupakan sebuah praktik yang menggunakan taktik promosi untuk mengarahkan traffic ke toko online kepunyaan sendiri, yang kemudian lalu lintas tersebut diubah menjadi pelanggan yang membayar/ membeli produk, dan mempertahankan pelanggan setelah mereka melakukan pembelian.

Strategi e-commerce marketing secara keseluruhan terdiri dari taktik marketing/ pemasaran, baik yang dilakukan di dalam website maupun di luar website. Kemudian, ada beberapa hal yang dapat digunakan untuk menjadi alat atau cara untuk berpromosi dalam e-commerce marketing bagi bisnis yang dijalankan. Jadi, solusi ecommerce marketing adalah penyelesaian atau pemecahan masalah dalam pemasaran online atau e-commerce marketing di mana solusi ini diharapkan mampu membuat bisnis yang dijalankan lebih dikenal masyarakat dan meningkatnya penjualan produk dari bisnis yang dijalankan.

Leave a Comment