Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Tes Kesuburan Rahim Pada Wanita

Pemeriksaan kesuburan ini dilakukan untuk mengetahui lebih awal sebab-sebab yang menjadi alasan tidak mampunya pasangan memiliki seorang anak.  Salah satu cara yang dilakukan untuk mengetahui kesuburan tersebut adalah dengan tes kesuburan rahim. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kesuburan.

Faktor Umum Adalah Usia

Pada seorang wanita akan mengalami tingkat kesuburan paling tinggi adalah pada usia 20an sampai dengan 30 an awal. Kemudian akan menurun intensitas kesuburan tersebut pada usia 35 dan seterusnya.  Bahkan, pada usia 35 wanita bisa mengalami kemandulan. Besar kemungkinan yang menjadi sebab kemandulan pada wanita adalah produksi sel telur yang terlalu rendah dan tidak banyak.  Bisa juga wanita tersebut memiliki gangguan kesehatan yang membuatnya tidak bisa memproduksi sel telur secara maksimal. 

Adanya Faktor Riwayat Kehamilan

Bila anda pernah mengalami riwayat kehamilan yang tidak baik, bisa jadi menjadi salah satu faktor kemandulan pada rahim anda.  contoh masalah riwayat kehamilan yang terjadi, adanya komplikasi saat sedang mengandung, adanyanya operasi caesar dan juga proses persalinan, terakhir karena terjadinya keguguran pada kehamilan terdahulu.  Beberapa penyebab tersebut bisa menjadi alasan mengapa anda susah memiliki anak. Hal ini karena  beberapa masalah tersebut bisa menurunkan tingkat kesuburan rahim pada seorang wanita. Ada baiknya merencanakan program hamil yang sehat  dengan melakukan tes kesuburan rahim adalah cara terbaik yang harus dilakukan. 

Adanya Faktor Hubungan Seksual

Hubungan seksual akan mempengaruhi keberhasilan anda dan pasangan dalam memiliki momongan. Pertanyaannya adalah seberapa sering anda melakukan hubungan dengan pasangan anda? sebuah penelitian membuktikan bahwa, intensitas melakukan hubungan yang serius dengan pasangan bisa meningkatkan peluang kehamilan. 

Hubungan seksual yang bisa anda lakukan bisa sekali sehari atau dua hari sekali. Kesempatan ini akan lebih meningkat bila, anda dan pasangan melakukannya pada masa subur. Untuk itu anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur anda sendiri.  bisa juga mengenali tanda-tanda kesuburan yang sering terjadi. 

Adanya Jangka Waktu Saat Melepas Alat Kontrasepsi

Banyak orang menganggap, penggunaan kontrasepsi akan membuat kesuburan meningkat. Cobalah untuk menganggap bahwa berita tersebut tidak benar. Kenapa? Karena setiap orang yang baru saja melepaskan alat kontrasepsi memiliki masa kesuburan yang berbeda.  Bila alat KB yang digunakan adalah obat dan suntik. Penggunaan KB jenis ini membutuhkan waktu beberapa bulan untuk memulihkan kesuburan pada rahim wanita. 

Bahkan KB hormonal saja bisa membuat siklus mens anda menjadi tidak teratur. Dari sinilah wanita akan mengalami kesulitan untuk menentukan masa subur mereka sendiri. 

Dari faktor tersebut, akan menjadi baik bila melakukan tes kesuburan rahim pada dokter yang sudah berpengalaman.  Jadi anda akan memiliki arahan yang jelas untuk membuat program kehamilan

Leave a Comment