Bagaimana Cara Merawat Produk Genset Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak?

Walaupun memang banyak orang yang meremehkan akan kebutuhan genset, akan tetapi genset masih sangat dibutuhkan dalam bidang lain. Jual genset di Medan merupakan pilihan tepat, karena banyak sekali bidang industri yang membutuhkan genset, agar kinerja bisa tetap berjalan efektif dan efisien walaupun terjadi pemadaman listrik. Genset sendiri tersedia dalam berbagai tipe, ukuran serta harga. Agar Anda tidak rugi, maka perlu mengetahui cara merawat genset agar tidak mudah rusak dan awet. 

  • Letakkan Genset Pada Kondisi Tempat yang Kering dan Aman

Anda harus benar-benar memperhatikan bahwa tempat penyimpanan genset sudah aman dari segala jenis gangguan. Pastikan bahwa tempat memiliki pondasi yang rata dan kuat, tidak basah dan teduh. Usahakan bahwa tempat genset tidak terkena cahaya matahari langsung, sehingga tidak mengalami karat, mudah panas dan sebagainya. Mesin genset bisa mengalami kerusakan jika dimasuki oleh binatang tertentu, oleh sebab itu pastikan beri penutup pada genset. 

  • Operasikan Genset Sesuai dengan Panduan

Pada saat pemakaian awal, baik itu genset bekas maupun genset baru pastikan bahwa pemakaian sudah sesuai dengan aturan. Kalau perlu, baca semua hal yang tercantum pada panduan pengoperasian genset, sehingga Anda tidak bingung atau salah mengoperasikan. Perlu diketahui, pengoperasian genset yang tidak tepat, akan membuat genset mudah sekali rusak. Sayang bukan jika genset baru tiba-tiba mengalami kerusakan? 

  • Operasikan Genset Pada Sirkulasi Udara yang Baik

Pihak yang jual genset di Medan berpengalaman, pasti akan memberi himbauan Anda untuk meletakkan genset pada tempat yang memiliki sirkulasi udara lancar. Mengapa demikian? Karena nantinya gas yang akan dikeluarkan oleh genset dapat menganggu pernafasan. Apalagi jika penggunaan genset untuk waktu lama, hal tersebut bisa membahayakan kondisi kesehatan pemakai. Selain itu, mesin genset juga mudah panas jika diletakkan pada tempat yang tertutup. 

  • Sering Bersihkan Mesin Genset

Anda harus selalu memastikan mesin genset dalam keadaan bersih, baik mulai dari bagian luar sampai dengan bagian dalam. Jaga kebersihan genset dari segala jenis kotoran, debu, air, minyak yang mungkin menempel. Bersihkan juga radiator genset secara berkala agar mesin tidak rusak dan tahan untuk penggunaan yang lama. 

  • Mengganti Sparepart yang Sudah Tidak Berfungsi

Sering lakukan pemeriksaan genset, jika menemukan sparepart yang tidak berfungsi, maka jangan menunda waktu untuk segera menggantinya. Takutnya jika dibiarkan dalam jangka waktu lama akan mempengaruhi komponen lain dan menyebabkan genset tidak menjalankan fungsinya dengan baik. 

  • Sering Cek Kabel Instrumen Genset

Jual genset di Medan berkualitas sering menyarankan customernya untuk selalu mengecek kabel genset secara teratur. Kabel merupakan komponen penting pada mesin genset yang apabila mengalami kerusakan akan membuatnya tidak dapat bekerja dengan baik. Jadi, jangan remehkan beberapa hal penting diatas yah agar genset tidak gampang rusak!

Leave a Comment