Tips Masak Menggunakan Chinese Steamer Agar Rasa Makanan Semakin Enak dan Berkualitas

Memasak menggunakan Chinese Steamer merupakan salah satu teknik masak yang banyak dipilih. Teknik memasaknya hanya menggunakan uap air yang mendidih. Hasil masakan menggunakan steamer juga lebih lembab dan lembut. Bagi Anda yang baru pertama kali membeli steamer dan bingung cara menggunakannya, bisa ikuti tips berikut ini. 

Silahkan Isi Panci dengan Air Secukupnya

Langkah pertama yang bisa dilakukan saat menggunakan steamer untuk memasak yaitu mengisi pengukus dengan air. Perkirakan jumlah air dengan baik, sebaiknya jangan sampai menyentuh saringan steamer dan beri jarak sekitar 2 cm. Tujuan dari pemberian jarak tersebut yaitu agar saat air mendidih, luapan air tidak sampai mengenai makanan yang ada di atas saringan. Walaupun ada jenis makanan tertentu yang dimasak dalam waktu cepat, jumlah air tetap perlu diperkirakan dengan baik. 

Masukkan air yang cukup banyak jika kapasitas steamer memang besar dan masakan berjumlah banyak. Dengan begitu, makanan akan cepat matang dan rasanya juga semakin lezat. Namun, sebaiknya jangan terlalu berlebihan dalam memberikan air, karena waktu yang dibutuhkan akan lebih lama. 

Tambahkan Air Lagi Jika Proses Masaknya Lama

Terkadang ada jenis makanan seperti kue, daging dan makanan lainnya yang membutuhkan waktu lama untuk memasaknya. Jika air yang ada di dalam panci sudah mulai berkurang, maka tambahkan kembali air pada kukusan tersebut. Akan tetapi, ada baiknya Anda tidak menambahkan air dingin melainkan air panas, supaya tidak berpengaruh pada hasil masakan. Biasanya jika ditambahkan air dingin, maka hasil masakan memiliki bau yang agak berbeda. 

Pastikan Air Dalam Panci Sudah Mendidih Sebelum Dimasukkan

Tips memasak menggunakan Chinese Steamer selanjutnya yaitu memastikan bahwa kondisi air dalam panci sudah dalam keadaan mendidih. Jika air dalam panci sudah mendidih, maka Anda bisa memasukkan makanan ke dalamnya. Memasukkan makanan ke dalam steamer yang airnya belum mendidih akan membuat rasanya berubah, apalagi dalam pembuatan kue. Oleh sebab itu, sebelum Anda memasukkan makanan pada steamer, maka pastikan airnya sudah benar-benar mendidih. 

Tutup Rapat Panci Menggunakan Pengukusnya

Langkah terakhir yaitu memastikan penutup panci dipasang rapat pada steamer tersebut. Hal ini dikarenakan terdapat ruang yang tidak rapat dan bisa menghambat proses kematangan masakan menjadi terhambat. Agar uap yang ada dalam steamer tidak bisa membasahi makanan, maka Anda bisa menggunakan penutup kukusan dengan kain. 

Sudah pahamkan bagaimana cara menggunakan Chinese Steamer? Terapkan beberapa langkah yang dijelaskan sebelumnya dengan baik. Semoga informasi diatas dapat membantu Anda bisa memasak makanan menggunakan steamer secara optimal. Walaupun terlihat sepele, ternyata banyak pengguna steamer yang belum bisa memasak makanan dengan baik, seperti makanannya menjadi kurang matang, rasanya berubah, tekstur makanan terlalu lunak dan masalah lainnya.

Leave a Comment