5 Tips Memilih Commercial Espresso Machine yang Wajib Diketahui oleh Pengusaha Kopi Pemula

Komponen-komponen commercial espresso machine apa saja sih yang harus dipahami oleh calon pengusaha coffee shop ? Nggak usah basa-basi, yuk langsung saja ke intinya, tips membeli Mesin Espresso !

  1. Jenis-jenis Mesin Espresso

Sebelum memutuskan membeli commercial espresso machine untuk calon kedai kopi anda, usahakan untuk mengenal jenis-jenis mesin kopi terlebih dahulu. Agar, mesin yang anda beli sesuai dengan kebutuhan.

Anda harus paham antara mesin espresso otomatis dan semi otomatis. Mesin kopi otomatis akan memudahkan barista anda dalam mengoperasikannya. Namun kualitas espresso yang dihasilkan mungkin, tidak akan jauh lebih baik dari mesin semi otomatis.

Mesin kopi semi otomatis memerlukan keahlian khusus untuk pengoperasiannya. Jika calon barista anda sudah ahli di bidang perkopian, boleh anda memilih jenis mesin ini. Sebab, rasa kopi yang dihasilkan oleh mesin ini bergantung pada skill barista anda.  

  1. Boiler pada Mesin Espresso

Boiler merupakan bagian mesin espresso yang sering menjadi acuan ketika seseorang akan membeli sebuah mesin espresso.

Terdapat dua jenis, yaitu mesin espresso single boiler dan double boiler. Mesin espresso single boiler  sangat cocok digunakan untuk kedai kopi yang tidak terlalu besar dan memiliki jam terbang yang tidak terlalu tinggi.

Namun, jika anda berencana membuka kedai kopi yang besar, mesin espresso double boiler bisa dijadikan pilihan. Anda harus membeli mesin espresso yang dilengkapi dengan  heat exchanger. Sebab, mesin ini lebih bisa menjaga kualitas rasa espresso. 

  1. Berbagai Macam Ukuran Mesin 

Selanjutnya, anda harus paham dengan ukuran commercial espresso machine. Ukuran mesin ini sangat menentukan waktu yang akan dihabiskan untuk menghasilkan satu gelas espresso. 

Terdapat mesin espresso 3-4 group dan 1-2 group. Anda bisa mengira-ngira dan membeli mesin espresso yang sesuai dengan kapasitas pelayanan kedai kopi anda. 

  1. Stabilitas Temperatur Mesin Espresso

Pada umumnya, mesin espresso yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan proportional integral derivative (PID). Namun, ada juga yang masih menggunakan thermostats

Dua fitur tersebut memiliki tujuan sama, yaitu untuk mengatur suhu air di dalam boiler. Akan tetapi, mesin yang dilengkapi fitur PID jauh lebih unggul dari fitur yang lain.

  1. Desain Group Head-nya 

Jangan abai terhadap desain Grup Head yang terdapat pada sebuah mesin espresso. Group head ini sangat mempengaruhi cara kerja mesin espresso. Jika grup head pada sebuah mesin espresso kurang baik, maka akan timbul efek negatif.

Bubuk kopi yang dihasilkan bisa rusak jika Grup Head-nya terlalu tinggi. Minimal, ketika akan membeli commercial espresso machine, pilih mesin yang memiliki standar desain E61. Desain mesin ini dapat menjaga konsistensi sirkulasi air panas.

Leave a Comment