Kebiasaan yang Perlu Diajarkan kepada Anak Sebelum Masuk Sekolah

Anak, tentu merupakan sosok yang diharapkan oleh orang tua supaya menjadi pribadi yang baik sejak masih kecil  sampai dewasa.

Banyak orang tua yang berpikir bahwa memasukkan anak ke sekolah bagus yaitu smp unggulan terbaik balikpapan seperti sekolah Kristen, sekolah Islam, sekolah Negeri, sekolah swasta, kejuruan dan berbagai macam sekolah terbaik lainnya merupakan bentuk usaha untuk mendidik anaknya.

Namun hal yang tidak boleh dilupakan orang tua adalah pendidikan pertama bagi seorang anak berasal dari orang tuanya. Sehingga dianjurkan Anda sebagai orang tua mengajarkan beberapa hal berikut kepada anaknya meski belum masuk sekolah.

  • Membiasakan Anak untuk Mengucapkan Kata Ajaib

Saat berkomunikasi dengan orang lain, ada kata-kata tertentu yang jika digunakan akan membuat orang lain senang serta memberikan efek yang baik yaitu ‘maaf’, ‘tolong’, dan ‘terima kasih’.

Anda dianjurkan untuk mengajarkan anak Anda mengucapkan ‘maaf’ ketika salah atau ketika akan merepotkan orang lain, ‘tolong’ ketika butuh bantuan serta ‘terima kasih’ ketika sudah dibantu orang lain.

Dengan mengajarkannya hal itu Anda telah membiasakan anak untuk menghargai setiap orang yang berinteraksi dengannya.

  • Menjadi Pribadi yang Murah Senyum

Sebuah senyuman selalu ampuh menjadi pembawa rasa bahagia dan nyaman karena itu ada baiknya mengajarkan anak Anda menjadi pribadi yang murah senyum.

  • Bersikap Ramah dan Sopan

Ketika anak bersekolah nanti, baik itu di smp unggulan terbaik balikpapan, sekolah Kristen, negeri maupun sekolah kejuruan, ia akan bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari yang seusia, lebih muda bahkan lebih tua darinya.

Karena itulah sebaiknya biasakan anak untuk selalu bersikap sopan dan ramah kepada siapapun sambil tetap mengajarkan untuk berhati-hati terhadap orang asing.

Masa sekarang ini memang mengharuskan orang tua mengajarkan anaknya supaya berhati-hati terhadap orang lain terutama yang tidak dikenalnya tetapi bukan berarti mereka tidak bisa bersikap ramah dan sopan.

  • Sikap Murah Hati

Menjadi orang yang gemar membantu orang lain juga merupakan salah satu sikap yang  bisa diajarkan di rumah. 

Anda bisa memberi contoh dengan mengajak anak untuk membantu saat Anda memasak atau mengerjakan pekerjaan rumah yang lain.

  • Menutup Mulut Ketika Menguap atau Bersin

Menutup mulut ketika menguap atau bersin sebenarnya merupakan hal yang sederhana akan tetapi sering terlupa oleh orang-orang.

Ingatlah untuk mengajarkan anak Anda hal ini terlebih dalam situasi pandemi dimana penyebaran virus penyakit bisa terjadi dengan sangat cepat.

Itulah beberapa kebiasaan yang perlu diajarkan di rumah kepada anak agar dia terbiasa melakukannya di luar rumah. Sebab tidak peduli dimana dia bersekolah baik itu smp unggulan terbaik balikpapan, sekolah Kristen, swasta atau negeri, orang akan menilai orang lain dari sikap dan perilakunya terlebih dahulu.

Anda bisa mulai dengan membiasakan diri untuk bersikap seperti yang telah disebutkan supaya bisa menjadi contoh bagi anak Anda.

Leave a Comment