Inilah 3 Manfaat Dari Sistem ERP Ecommerce yang Perlu Diketahui

Keberadaan sistem ERP sebenarnya sudah ada sejak 1990, di mana saat itu sistem hanya diaplikasikan pada manajemen inventaris serta kontrol pada bidang manufaktur saja, tetapi saat ini sistem ERP juga berfungsi sebagai back-office. Selain itu, sistem ERP juga sudah banyak digunakan pada perusahaan dalam bisnis mereka, termasuk sistem ERP ecommerce.

Manfaat Sistem ERP

Dengan adanya software sistem ERP, menjadi angin segar bagi beberapa perusahaan termasuk juga e-commerce, sebab keberadaan sistem ERP ini dikatakan mampu membantu merencanakan sumber daya dengan menyatukan seluruh prosesnya ke dalam satu sistem yang padu. 

Beberapa jenis sistem ERP yang umumnya digunakan adalah ERP on-site, ERP cloud, serta ERP hybrid di mana ketiganya memiliki perbedaan serta keunggulannya masing-masing, sehingga pelaku bisnis atau perusahaan dapat memilih manakah jenis sistem yang sekiranya memang dibutuhkan bagi bisnis mereka.

Ternyata sistem ERP ecommerce juga memiliki beberapa manfaat yang dapat dirasakan ketika menggunakan atau mengintegrasikan e-commerce dengan sistem ERP ini, berikut ini adalah manfaatnya:

Data Bisnis Lebih Akurat dan Terintegrasi

Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan lebih mudah dalam mengelola data yang ada baik berupa data tunggal maupun data yang secara real time, sehingga nantinya jika ada perubahan yang terjadi akan berpengaruh juga kepada pencatatan di bagian yang terkait lainnya, ini tentunya juga jadi memudahkan bagian lain tersebut dalam melakukan pendataan.

Selain itu, dengan sistem yang dapat mengintegrasikan seluruh data ini, setiap bagian yang berkaitan tidak perlu lagi meminta data bagian lain untuk menyamakan karena semua data akan secara otomatis ikut berubah jika ada perubahan dari salah satu bagian.

Salah satu contohnya adalah seperti bagian penjualan yang akan berpengaruh terhadap adanya data penambahan pada penjualan dari produk, dengan adanya sistem ERP ini nantinya data yang akan diperoleh bagian penjualan menjadi lebih akurat.

Menjadi Faktor Untuk Mengambil Keputusan yang Tepat

Software sistem ERP ternyata tidak hanya menyajikan data yang akurat dan real time saja, tetapi juga dapat membantu pelaku bisnis mengambil keputusan yang tepat dengan mudah karena adanya data real time yang disajikan lewat sistem ERP tersebut.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya sistem ERP ini juga memungkinkan proses planning bisa berjalan dengan lebih baik karena adanya fitur alat simulasi dalam sistem ERP tersebut.

Seluruh Aktivitas Menjadi Lebih Efisien dan Produktif

Dengan menerapkan sistem ERP ecommerce diyakini dapat membuat semua aktivitas menjadi lebih efektif serta produktif, bahkan perusahaan juga bisa menghemat biaya operasional yang tidak diperlukan dan menekan biaya dalam proses bisnis sampai mencegah terjadinya duplikasi data, dengan ini kinerja karyawan juga semakin produktif.

Leave a Comment