Ketahui! 5 Kelebihan Integrasi E-commerce dengan ERP

Tingginya minat masyarakat Indonesia dalam menggunakan e-commerce untuk melakukan aktivitas berjualan dan berbelanja, menjadikan ERP software yang sangat penting untuk diintegrasikan dengan e-commerce. Hal ini dikarenakan, ERP memiliki kelebihan dan manfaat yang besar untuk membantu perusahaan agar dapat memiliki dan menjalankan sistem yang lebih baik. 

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami pentingnya integrasi e-commerce dengan ERP, berikut kami paparkan 5 kelebihannya, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Perencanaan yang Lebih Baik

E-commerce yang telah di integrasi dengan ERP, dapat membantu perusahaan untuk memiliki perencanaan yang baik untuk menentukan kedepannya. Selain itu, Anda juga akan memiliki manajemen informasi yang lebih baik. 

Software ERP ini, tentu akan membantu perusahaan Anda untuk mengatur SDM agar mampu untuk bekerja secara lebih maksimal layaknya manusia, mesin, dan material. 

  1. Efisien dan Produktif

ERP pada e-commerce akan membantu segala hal di dalamnya menjadi lebih efisien serta produktif. Hal ini dikarenakan ERP mampu untuk mencegah terjadinya duplikasi data, kesalahan data, dan lain sebagainya. Dengan begitu, para karyawan dapat meningkatkan kinerjanya lebih produktif. 

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan sistem ERP ialah dengan mengurangi dan menghemat biaya operasional yang tidak diperlukan. 

  1. Meningkatkan Kolaborasi

Kolaborasi di dalam sebuah perusahaan e-commerce tentu menjadi hal yang penting, bahkan wajib untuk dikuasai. Hal tersebut dikarenakan kolaborasi dapat mendorong untuk munculnya inovasi dan ide cemerlang yang dapat meningkatkan kualitas perusahaan. 

Dengan integrasi e-commerce dengan ERP dapat membantu untuk mengintegrasikan divisi di dalam perusahaan agar dapat berkolaborasi lebih baik. .

  1. Data Akurat dan Terintegrasi

Software ERP pada e-commerce dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan Anda dalam mengolah informasi dan data real time ataupun tunggal. Dengan begitu, akan mampu dalam meningkatkan pencatatan yang lebih baik. 

Contohnya, seperti pada bagian penjualan, sistem ERP berfungsi untuk mendapatkan data secara akurat mengenai data penambahan penjualan dari produk ataupun yang lainnya. 

  1. Pengalaman Pelanggan Lebih Baik

ERP yang dapat menghasilkan Informasi dan data secara akurat ini mampu untuk memberikan pengalaman pelanggan lebih baik. Pelanggan dapat mengetahui pesanan yang berhasil dibuat. 

Selain itu, ERP juga memungkinan untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi, seperti informasi produk hilang/tidak lengkap, alamat yang salah, dan lain sebagainya. Dengan begitu, dapat mengurangi rasa kekhawatiran pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Itulah 5 kelebihan integrasi e-commerce dengan ERP. Berdasarkan paparan di atas, tentu menjadi hal yang penting dalam mengintegrasikan e-commerce ERP. Hal tersebut dikarenakan ERP dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan sistem kerja yang lebih efisien dan memaksimalkan sistem pengelolaan. 

Leave a Comment