Kelebihan Menggunakan Chatbot Commerce

Chatbot memiliki banyak sekali manfaat untuk membantu anda dalam menjalankan bisnis, hal yang paling penting adalah chatbot commerce dapat meningkatkan produktivitas diantaranya seperti mengurangi biaya overhead dan meningkatkan keuntungan yang lebih tinggi. Pastinya siapa yang tidak ingin meningkatkan penjualan bisnis, salah satu alternatif yang bisa meningkatkan penjualan adalah penggunaan chatbot.

Pengertian Chatbot

Lalu sebenarnya chatbot itu apa dan gunanya untuk apa, ringkasnya chatbot merupakan sebuah program, bisa berupa aplikasi atau plug in dan lain sebagainya yang berfungsi untuk membantu anda dalam memberikan pelayanan cepat dan tepat kepada calon pelanggan. Anda pasti sering merasakan jika sedang berbelanja maka komunikasi dengan penjual menjadi hal yang sangat penting dan menentukan penjualan. Customer respon yang cepat dari penjual jelas akan memberikan kenyamanan kepada pembeli dan meningkatkan kemungkinan pembeli dapat melakukan order.

Kemudian chatbot commerce adalah penerapan dari sistem chatbot pada sebuah commerce atau toko online, seperti yang sudah diketahui bahwa toko online bisa bermacam-macam bisa melalui marketplace atau situs web mandiri dan lain sebagainya. Maka dari itu penggunaan chatbot juga bisa disesuaikan dengan masing-masing commerce yang ada dan yang dibutuhkan. 

Kelebihan Menggunakan Chatbot

Cepet bisa memberikan banyak kelebihan selain untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan masih ada berbagai macam manfaat lain yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan chatbot. Berikut ini beberapa kelebihan dan manfaat dari chatbot.

  1. Hemat Waktu

Karena chatbot di operasikan oleh sebuah program komputer atau robot maka jangka waktu yang dibutuhkan oleh chatbot berbeda dengan ketika menggunakan customer service manusia. Ada kalanya dimana manusia butuh untuk meninggalkan tempat customer service maka dari itu penggunaan chatbot bisa lebih menghemat waktu proses jawaban yang diberikan juga lebih cepat karena program untuk menjawab.

  1. Hemat Uang

Lagi-lagi berbeda dengan penggunaan staff, chatbot tidak membutuhkan biaya bulanan atau gaji setiap bulan namun untuk menggunakan chatbot anda cukup melakukan investasi awal saja. Biaya investasi awal yang dikeluarkan juga cukup terjangkau, selain itu dengan menggunakan robot anda tidak perlu khawatir lagi robot akan kelelahan atau membutuhkan liburan karena robot tidak membutuhkan itu semua.

  1. Mengurangi Kesalahan

Karena robot sudah diprogram dengan sempurna anda bisa meminimalisir terjadinya kesalahan komunikasi antara robot dengan pelanggan. Terkadang jika customer service kehilangan konsentrasi maka akan rentan terhadap kesalahan informasi yang diberikan kepada pelanggan maka dari itu penggunaan chatbot ini menjadi lebih efektif karena bisa mengurangi terjadinya kemungkinan kesalahan informasi.

Penggunaan chatbot setelah melihat beberapa manfaat diatas pastinya sangat efektif dan efisien apalagi dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan bisnis. Walaupun anda harus memberikan nilai investasi awal terlebih dahulu untuk mendapatkan akses pada fitur chatbot commerce.

Leave a Comment