Perbedaan Antara Atap Longspan Galvalum dan Spandek

Di antara ukuran atap longspan spandek dan galvalum, maka yang paling baik. Pada dasarnya keduanya sama-sama baik, hanya saja, masing-masing jenis atap, mempunyai kelebihan yang berbeda. Ini yang perlu Anda perhatikan, agar kelak Anda dapat memilih yang pas dan sesuai kebutuhan. Berikut adalah beberapa perbedaan antara atap Galvalum dan atap spandek antara lain :  

Bahan baku

Jika dilihat dari sisi bahan baku, kedua ukuran atap longspan tersebut memang menggunakan bahan metal, tapi yang membedakan adalah komposisi bahan yang digunakan.

  • Galvalum

Untuk galvalum sendiri, terbuat dari bahan galvalum dan juga alumunium. Dibuat dengan bentuk lempengan, yang nantinya akan dilapisi dengan campuran seng, silikon dan aluminium.   

  • Spandek

Sedangkan bahan spandek sendiri adalah campuran dari alumunium dan seng.

Daya serap panas

Mengingat kedua tipe atap tersebut, sama-sama menggunakan mengandung bahan alumunium dan juga seng / zinc, maka sifat dari kedua jenis atap tersebut kurang lebih sama. Dimana keduanya sama-sama mempunyai sifat mampu menahan panas matahari.

Hasilnya ketika menggunakan atap dari spandek atau atap longspan galvalum membuat ruangan terasa lebih panas. Untuk itu, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan plafon, agar udara panas dari atap, tidak langsung masuk ke dalam rumah.  

Aplikasi

Dari sisi struktur, galvalum dan spandek sama-sama fleksibel, atau dalam hal ini mudah dibentuk, atau dilengkungkan, sesuai kebutuhan yang ada. Untuk atap longspan spandek sendiri, selain dapat digunakan untuk kebutuhan atap bangunan, tipe yang satu ini juga dapat digunakan untuk kebutuhan lain, misalnya saja sebagai dinding ruang atau sekat ruang.

Sedangkan untuk galvalum sendiri, selain tidak hanya dapat digunakan pada atap rumah, namun juga dapat digunakan sebagai rangka partisi, struktur dinding, atau bahkan pagar.  

Instalasi

Untuk proses instalasi sendiri, kedua jenis ukuran atap longspan tersebut memang membutuhkan perlakuan khusus. Dimana tidak semua orang dapat memasang atap jenis ini. Selain itu, dalam memasang atap jenis galvalum dan juga spandek, Anda membutuhkan tambahan biaya, terutama untuk memasang insulasi peredam panas. Hal tersebut dilakukan agar ruangan yang akan digunakan kelak tidak terasa terlalu panas.

Dari ulasan di atas, sedikit banyak, Anda jadi lebih paham, tentang perbedaan antara atap longspan spandek dan juga galvalum. Dimana masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Anda dapat memilih salah satu yang dinilai pas, dan sesuai kebutuhan Anda.

Leave a Comment