Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Bimbingan Belajar Online

Bimbingan belajar online atau bimbel online adalah kegiatan yang dilakukan agar dapat memberi bantuan pada murid atau peserta didik dari SD sampai SMA dengan tujuan bisa meningkatkan hasil belajar juga prestasi mereka akan lebih maksimal.

Bimbel ini biasanya diberi dari sekolah sebagai lembaga pendidikan yang juga bertujuan supaya muridnya bisa menyesuaikan diri serta bersosialisasi dengan lingkungan maupun diikuti di luar sekolah dengan murid yang memilih sendiri tempat bimbelnya.

Nah, dengan adanya kemajuan teknologi, bimbel online lah yang sekarang sedang marak dipilih banyak orang karena bisa dilakukan dimana saja. Tapi, jangan salah, disamping fakta banyak orang yang memilih bimbel ini sekarang, dalam bimbel online juga ada kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Kelebihan dari Bimbingan Belajar Online 

Berikut ini beberapa kelebihan dalam melakukan Bimbingan belajar online,  

  1. Belajar dapat dilakukan dimana serta kapan saja menggunakan aplikasi yang sudah ditentukan dan didownload. Jadi para murid yang ikut bimbel ini bisa diam dirumah saja sambil ikut belajar.
  2. Harga yang ditawar biasanya akan lebih murah dibanding dengan bimbingan offline. Jika bimbingan offline bisa sampai jutaan, bimbingan online hanya sampai ratusan ribu saja tapi tetap dengan berbagai benefit yang bisa didapat.
  3. Waktu belajar yang makin fleksibel dan tenang. Biasanya murid juga bisa menentukan waktu belajarnya sendiri menyesuaikan kegiatan.
  4. Materi yang belum dipahami bisa direkam dan diputar ulang kapanpun.
  5. Ada guru atau tentor yang selalu siap anda hubungi lewat chat di jam kerja.

Kekurangan dari Bimbingan Belajar Online

Selain ada kelebihan, bimbel online ini juga terdapat beberapa kekurangannya sendiri, seperti berikut,

  1. Harus terkoneksi dengan internet, walaupun tidak semua daerah mempunyai koneksi internet yang memadai.
  2. Sulit diakses beberapa orang karena tidak memiliki gadget maupun sulit diakses karena masih kebingungan dengan aplikasinya.
  3. Ukuran data yang semakin besar dan membuat penyimpanan gadget cepat penuh. Padahal masih ada anak yang menggunakan gadget tidak terlalu bagus dengan penyimpanan seadanya.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Bimbingan belajar online diatas, diharapkan anda bisa memikirkan apakah bimbel online ini cocok untuk anda atau tidak.

Leave a Comment